April Mop, Rayakan dan Rasakan Sensasinya

April Mop

April Mop, dikenal dengan April Fools' Day ini diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahun. Pada hari itu, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Hari ini ditandai dengan tipu-menipu dan lelucon lainnya terhadap keluarga, musuh, teman bahkan tetangga dengan tujuan mempermalukan orang-orang yang mudah ditipu.
Di beberapa negara seperti Inggris dan Australia serta Afrika Selatan, lelucon hanya boleh dilakukan sampai siang atau sebelum siang hari. Seseorang yang memainkan trik setelah tengah hari disebut sebagai "April Mop". Namun di tempat lain seperti Kanada, Perancis, Irlandia, Italia, Rusia, Belanda, dan Amerika Serikat lelucon bebas dimainkan sepanjang hari. Hari itu juga banyak diperingati di Internet.
Peristiwa awal mula April Mop sampai sekarang belum diketahui kejelasannya. Karena masing-masing Negara memiliki peanfsiran berbeda mengenai asal mula April Mop ini. Hal ini juga yang membuat para Netizen memberikan komentar sesukanya mengenai hari ini. April Mop menjadi hal yang sangat seru bagi sebagian orang, karena mereka bisa meluapkan sepuasnya kebahagiaan terpendam untuk melakukan penipuan untuk lelucon.
Namun, untuk sebagian orang lagi, hal ini sangat tidak layak dirayakan. Hal ini dapat menyebabkan tindak penipuan dan modus semakin meningkat yang memberikan dampak buruk. Dalam hal ini bisa diartikan jika ada seorang pria yang menyatakan cintanya menganggap bahwa ini hanyalah lelucon untuk merayakan April Mop, lalu ternyata wanita menganggapinya dengan serius. Dipastikan dampak yang dihasilkan akan memburuk, entah hubungan mereka akan tetap stabil seperti biasa atau malah tidak ada alagi hubungan pertemanan.
Pro dan kontra memang hal yang biasa, semakin banyaknya pihak yang tidak menyukai maka semakin populerlah kegiatan April Mop ini. Hal yang sangat diantisipasi ketika tanggal 1 April kembali muncul adalah jangan memercayai hal apapaun dari semua kalangan. Baik rekan, sahabat karib ataupun keluarga. Karena bisa saja anda akan menajdi orang yang mendapatkan April Mop.
Kebahagiaan yang terpancar dari rawut wajah setiap individu yang berhasil menipu orang denagn memanfaatkan April Mop memang sangat menjengkelkan bagi mereka yang tak merayakannya.
Terlepas dari siapa yang tidak merayakan, April Mop adalah bagian dari tanggal yang sangat ditunggu siapapun dari berbagai kalangan dan beberapa Negara, hal ini dijadikan sebagai perayaan besar di berbagai negara, seperti:
1.      Prancis
April Mop di Prancis dikenal sebagai Poisson d'Avril atau April Fish. Di Italia, ini juga disebut Pesce d'Aprile. Secara tradisional anak-anak sekolah akan menempelkan gambar ikan pada punggung teman sekolahnya sebagai bentuk kejahilan. Setelah itu, mereka hanya menunggu sampai teman tersebut mengetahuinya.
2.      Skotlandia
Orang-orang Skotlandia sangat menikmati lelucon dan merayakan April Mop selama dua hari hingga tanggal 2 April. Hari pertama disebut sebagai Hunt the Gowk Day. Pada hari ini mereka meminta seseorang mengirimkan surat yang isinya meminta orang yang menerimanya melanjutkan, sehingga surat tersebut menjadi berantai. Sementara hari kedua dikenal sebagai Taily Day yang dipenuhi lelucon dan saling mengejek antar teman.
3.      Iran
Hari ke-13 Tahun Baru Persia yang disebut Sizdah Bedar biasanya jatuh pada tanggal 1 atau 2 April. Pada saat ini banyak orang yang melakukan prank atau mengerjai orang lain sejak tahun 536 SM.
Setelah banyak mengerjai orang lain, sorenya mereka berkumpul bersama untuk makan, tertawa, dan melakukan permainan. Setelah selesai makan, masyarakat membuang sayuran hijau yang disebut sabzeh. Ini melambangkan dibuangnya kesialan dan rasa sakit untuk tahun yang akan datang.
4.      Spanyol
Di Sanyol acara semacam April Mop yang digunakan untuk menipu dan mengerjai teman-teman tidak dilakukan di tanggal 1 April, melainkan pada tanggal 28 Desember yang juga disebut sebagai perayaan Holy Innocents Day atau Childermas. Tradisi ini juga dilakukan di Amerika Latin. Mereka yang menjadi korban tidak boleh marah karena yang mengerjai dianggap sebagai orang yang tak berdosa.
5.      Portugal
Masyarakat Portugal memiliki keunikan untuk mengerjai teman-temannya dalam perayaan April Mop. Mereka memiliki lelucon yang menjadi tradisi, yaitu melempar tepung pada seseorang.

Nah, Indonesia sendiri biasanya tak merayakan hal yang seperti ini, tapi siapa tahu jika ada perayaan khusus pada 1 April yang menunggu jam ini, siapkan diri masing-masing ya.***(CM-E02/Amal Hayati)


You may also like

Instagram