Perlu disosialisasikan kembali


Medan, Dinamika-Online (09/11), kurikulum 2013 yang diterapkan oleh pemerintah tampaknya memang perlu disosialisasikan kembali oleh civitas akademika. Dalam hal ini, Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika FITK IAIN-SU mengadakan seminar internasional di aula, yang menghadirkan narasumber dari USA Kathryn A. Crockrat dan Maslathif Dwi Purnomo M.Hum. Acara yang berlangsung pada pukul 09.50 wib ini dihadiri 550 lebih peserta. Peserta yang hadir berasal dari berbagai universitas di Medan.
Kehadiran kurikulum 2013 dalam dunia pendidikan menjadi pro dan kontra. Hal ini memang belum diterapkan secara jelas di dunia pendidikan. “seminar ini merupakan awal dari penerapan kurikulum 2013, terutama sebagai calon pendidik di FITK, bahkan semua jurusan” ujar Ibnu Rash Aleslami selaku ketua panitia diacara ini.
Amiruddin Siahaan selaku wakil dekan III mengatakan setiap mahasiswa yang ingin menjadi pendidik harus tekun membaca, karena penyakit mahasiswa  yang tak bisa mengaplikasikan kurikulum 2013 adalah jarang membaca, padahal sudah jelas bahwa mahasiswa harus membaca minimal 300 halaman perhari.
Acara ini mendapat antusias baik oleh peserta, selain mendapatkan ilmu, mereka juga dapat mengetahui bahwa pendidikan diluar Indonesia, seperti Amerika yang telah unggul dan menghadirkan pendidik yang baik pula. Dalam presentasi Kathryn A. Crockart, ia menampilkan hasil pendataannya bahwa 819.000 lebih dari pelajar luar Amerika menuntut ilmu di 1200 Unversitas dan instansi di Amerika, banyak dari mereka telah berhasil menjadi pendidik yang lulus mengajar.
“Mahasiswa harus peka terhadap pendidikan agar kurikulum 2013 berjalan dengan baik dan penerapannya tidak seperti pendidikan KTSP yang berbasis karakter dan ternyata siswanya yang tidak berkarakter bukan sistemnya yang salah”. Ujar ketua panitia, Ibnu Rash Aleslami.

.www.lpmdinamika.com


You may also like

Instagram